Senin, 19 November 2012

Efek Pakai Headset


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Penggunaan headset, maupun earphone, dengan volume suara yang keras, semisal diatas 85 dB dalam jangka waktu berjam-jam, apalagi jika dilakukan setiap hari, memang dapat menimbulkan kerusakan perlahan pada saraf-saraf telinga, yang berakibat penurunan kemampuan pendengaran dengan cepat seiring pertambahan usia.
Permasalahan dengan headphone atau earphone semakin rumit, karena kenyamanan mendengarkan yang lebih fokus dan dapat meredam suara sekeliling, sehingga semakin ribut lingkungan, pendengar akan cenderung meningkatkan volume suara bahkan hingga maksimum, padahal suara dengan kekuatan 100 dB dapat merusak telinga bahkan jika hanya didengarkan selama 1 jam lebih sedikit saja dalam sehari.
Semakin kecil volume, semakin lama suara tersebut boleh didengarkan. Misalnya pada tingkat 60 dB. Maka demikian juga dengan murottal Alquran lewat headphone, sebaiknya dalam volume kecil saja atau jika ingin besar dan lama, tidak menggunakan headphone. Disarankan untuk tidak memutar volume lebih dari 60% volume total, dan tidak melebihi 1 jam per hari (dengan headphone).
Wallahu Ta’ala a’lamu. Demikian yang kami dapatkan, semoga ada manfaatnya,
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Baca selengkapnya: http://www.konsultasisyariah.com/bahayakah-memakai-headset/#ixzz2CfmPwQFV

Read more about KESEHATAN by www.konsultasisyariah.com

0 komentar:

Posting Komentar