Kamis, 26 September 2013

MENANTI LAHIRNYA “ULAMA SUNNI” ASAL INDONESIA “Al Andunisy”

Bolehkan saya menanyakan hal di atas? Karena menurut Wikipedia, Indonesia adalah the most populous Muslim country in the world dengan sekitar 207,000,105 penduduk beragama Islam. Tapi sayangnya tidak ada ulama berkelas dunia yang lahir di sini, paling tidak dalam satu-dua abad belakangan ini.
Coba saja antum baca biografi para ulama dunia. Sebagian mereka berasal dari semenanjung Balkan -secuil wilayah Islam yang tersisa di benua Eropa- seperti Asy Syaikh Al Albani, Asy Syaikh Abdul Qadir dan Asy Syaikh Syu’aib Al Arnauth.
Sebagian mereka berasal dari Pakistan, seperti Asy Syaikh Ihsan Ilahi Zhahir yang wafat karena dibom dan kemudian jenazah beliau dishalatkan di Saudi dengan imam Asy Syaikh Ibn Baaz. Begitu juga adik beliau Asy Syaikh Fadhl Ilahi yang terjemahan karya beliau banyak kita baca di negeri ini.
Kemudian pernahkah antum mendengar nama Syaikh Muhammad Aman Al Jami?Darimana beliau berasal? Beliau berasal dari Ethiopia, sebuah negeri kecil di Afrika di mana kaum musliminnya minoritas. Hanya 31% dari jumlah penduduk.
Bagaimana dengan India? Dari tanah Hindustan ini kita akan dapatkan banyak nama ulama besar. Di antaranya adalah Shiddiq Hasan Khan, tidak ada yang menyangsikan keilmuan beliau. Beliau memiliki banyak karya tulis. Lima puluh empat berbahasa Arab, 42 berbahasa Persia, dan 107 dengan bahasa Urdu.
Selain beliau ada Asy-Syaikh Shafiurrahman Al-Mubarakfuri, di mana kita semua tahu bahwa beliaulah penulis Sirah Nabawiyah yang masyhur berjudul “Ar-Rahiqul Makhtum” dan “Raudhatul Anwar” yang mungkin kitab ini atau terjemahannya ada di hampir semua rumah-rumah sunni salafy dengan berbagai penerbitnya.
Kapan ada ulama yang nisbahnya Al Andunisy? Bagaimana kalau kita siapkan putra kita untuk jadi generasi pertama?

0 komentar:

Posting Komentar